Jumat, 09 Februari 2018 - 21:19:58 WIB
ANGGOTA DPRD MEDAN DUKUNG KELURAHAN SEPERTI DESA
Kategori: Medan - Dibaca: 699 kali

Medan (SIOGE) - Aspirasi Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) terkait kelurahan agar ikut mendapat bantuan dana dari pusat untuk pembangunan sebesar Rp 1 miliar seperti halnya desa, mendapat tanggapan positif oleh sejumlah anggota dewan.

Anggaran yang dikucurkan pemerintah terhadap desa berasal dari APBN. Kalau memang memungkinkan, kenapa tidak kalau kelurahan juga mendapat kucuran dana yang bersumber dari APBN, untuk kelurahan yang juga belum semua merata pembangunannya, ujar Anggota DPRD Medan Drs Daniel Pinem kepada SIOGE via selularnya, Jumat (9/2) menanggapi aspirasi Apeksi.

Memang, sebut Politisi PDIP ini, dana desa yang dikucurkan pemerintah ke desa-desa untuk pemerataan pembangunan ke seluruh Indonesia. Namun, di kota juga masih banyak kelurahan yang belum maju pembangunannya, terutama yang berada di daerah pinggiran dan perbatasan kota.

Disebutkannya, kalau dananya dari APBD Kota tersebut tentu tidak boleh. APBD sudah menganggarkan seluruh kebutuhan pemerintahan sampai ke tingkat paling bawah. Kalau di Pemko Medan, Kepling mendapat honor setara dengan gaji UMK yang ditampung di APBD.

Dalam pemakaiannya, kepala desa bisa mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut. Nah, kalau kelurahan, lurah beserta perangkatnya juga harus bisa mempertanggungjawabkan anggaran tersebut. 

Jika aspirasi tersebut bisa diwujudkan di APBN, kelurahan pastgi akan sangat terbantu dalam pembangunan sarana dan prasaran di wilayahnya. Apalagi tidak semua rencana kelurahan yang disampaikan dalam Musrenbang bisa ditampung di APBD Kota Medan, ujar Anggota Komisi D DPRD Medan ini. (S1)  




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)