Jumat, 09 Februari 2018 - 21:22:56 WIB
WALI KOTA MEDAN DIMINTA SECEPATNYA TERBITKAN PERWAL
Kategori: Medan - Dibaca: 2103 kali

Medan (SIOGE) - Banyaknya peraturan daerah (Perda) yang sudah disahkan, namun tidak diiringi dengan cepatnya peraturan wali kota (Perwal) keluar, dipertanyakan anggota DPRD Medan.

Perda yang sudah disahkan namun belum ada Perwal yang mendampinginya membuat peraturan itu belum bisa dilaksanakan di lapangan, ujar Anggota Komisi A DPRD Medan M Nasir kepada sejumlah wartawan, Jumat (9/2/2018) saat dihubungi via selularnya.

Sebagai contoh, Perda makanan halal dan higienis sudah sangat perlu dilaksanakan di lapangan, ujar Politisi PKS ini lagi. Pemko Medan harus segera memastikan semua pelaku usaha memproduksi makanan dan minuman di daerah ini berlabel halal dan higienis, termasuk jajanan di lingkungan sekolah.

Perda Pengawasan serta Jaminan Produk Makanan Halal dan Higienis yang sudah disahkan, harusnya segera dilaksanakan di lapangan, namun karena belum ada Perwal makanya belum bisa dilaksanakan, sebutnya lagi. Apalagi saat ini, warga merasa khawatir dengan makanan yang mengandung formalin, pasca ditemukannya mie berformalin di Siantar kemarin.

Warga merasa khawatir, jangan-jangan mie yang dimaksud sudah ada beredar di Medan. Untuk mengantisipasi itu, Wali Kota Medan diminta segera menerbitkan Perwal yang menjadi turunan Perda agar bisa segera diterapkan di lapangan, ujanya lagi.

Disebutkannya lagi, sebagaimana diamanatkan UU No 33/2014 menyebutkan negara berkewajiban memberikan perlindungan jaminan kehalalan produk yang dikomsumsi masyarakat, Pemko Medan juga harus melaksanakannya. Dengan adanya Perda Halal, tentu akan memberikan kenyamanan dan kepastian bagi masyarakat, ujarnya mengakhiri. (S1)




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)