Selasa, 17 April 2018 - 13:29:20 WIB
Jembatan Penghubung Tuban-Lamongan Ambruk, Tiga Truk Jatuh
Kategori: Nasional - Dibaca: 2129 kali

Jakarta (SIOGE) - Jembatan Widang yang menghubungkan Kecamatan Babat-Widang, Kabupaten Lamongan dengan Kabupaten Tuban, Jawa Timur ambrol.
Jembatan yang ambruk adalah jembatan lama yang berada di sisi kiri dari arah Lamongan menuju Tuban.
Akibat runtuhnya jembatan tersebut, setidaknya tiga truk yang tengah melintas pun ikut terperosok jatuh ke dalam sungai Bengawan Solo.
Kepala BPBD Lamongan, Suprapto mengatakan pihaknya segera mengirimkan anggota ke sana untuk membantu evakuasi korban.
"Lima anggota sudah diluncurkan ke lokasi, dan saya juga masih perjalanan ke sana untuk melihat lokasinya," kata Suprapto, Selasa (17/4/2018).
Suprapto tak ingin berbicara lebih banyak kecuali evakuasi korban. Ia menyatakan ambrolnya Jembatan Widang berada dalam kewenangan dinas perhubungan.
Jembatan nasional jurusan Babat Lamongan menuju ke Kecamatan Widang Tuban di atas aliran sungai Bengawan Solo telah ambruk. Evakuasi masih dilakukan aparat.
Berdasarkan catatan, pada 2017 silam jembatan ini pun pernah mengalami pergeseran atau ambles sedalam 15 centimeter.
Akibat putusnya jembatan barat (dari dua jembatan kembar) arus kendaraan sementara dialihkan sementara. Jembatan yang baru, sebelah timur saat ini masih satu arah, yakni hanya dimanfaatkan kendaraan yang dari Tuban.
Belum diketahui persis penyebab ambruknya jembatan di sisi kiri dari arah Lamongan tersebut.
Namun, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Jalan Nasional wilayah Tuban Lamongan, Tugiman, menjelaskan bahwa saat ini jembatan lama Babat itu masuk dalam perbaikan berkala.
"Sudah masuk kontrak bulan ini dan segera dikerjakan. Tapi kami kaget, jembatan lebih dulu ambruk. Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa," kata Tugiman.
Jembatan Babat ambruk pada siang ini. Sejumlah kendaraan ikut terbawa jatuh bersama ambruknya konstruksi jembatan. Jembatan ini sudah berusia lama.
"Masih kami cek sebenarnya berapa usia konstruksi jembatan Babat. Kami bersama tim tengah menuju lokasi," ujar Tugiman. (*)

 




Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Huruf Apa Itu ?)